Bawaslu Riau Gelar Rakor Penguatan Kelembagaan Hadapi Pemilu 2024

Bawaslu Provinsi Riau menggelar rapat koordinasi penguatan kelembagaan

PEKANBARU - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Riau menggelar rapat koordinasi (Rakor) penguatan kelembagaan se-kabupaten/kota. Rakor dalam pengawasan tahapan pemilu 2024 ini berlangsung di Hotel Premiere Pekanbaru, Selasa (10/1/2023).

Ketua Bawaslu Riau Alnofrizal mengatakan tahapan yang akan diawasi di Pemilu 2024 sudah di depan mata. Rakor ini diharapkan dapat memberikan semangat dan motivasi dalam bertugas.

"Diharapkan semua bekerja dengan baik, untuk menjalankan pemilu yang jujur dan adil," katanya.

Sementara itu, Kapolda Riau M Iqbal mengatakan bahwa Bawaslu merupakan  wasit dalam menyukseskan pemilu.

"Jika pengawasnya sudah berintegritas jujur adil dan mandiri maka saya yakin pemilu sesuai yang diharapkan. Tapi jika Bawaslu lip service tentu sangat menentang semangat demokrasi," sebutnya.

Menurutnya, komunikasi dan kolaborasi dalam suatu organisasi dalam menyongsong Pemilu 2024 merupakan variabel penting. Untuk menyukseskan pemilu yang jurdil dan berintegrasi.

"Posisi kepolisian jelas sudah diatur undang-undang. Harapan saya komunikasi yang intens Bawaslu dan polisi dimulai dari sekarang agar hal yang tidak diinginkan bisa diminimalisir sejak dini. Seperti proses pelanggaran Pilkada kode etik dan lain-lain," terangnya.

Dia juga meminta jajarannya memerintah untuk pro-aktif dan tidak menunggu untuk mempersiapkan diri dalam menghadapi pemilu 2024.

Selain itu, dia menegaskan akan menindak jika ada jajarannya yang tidak menjalankan tugasnya tidak maksimal dan main-main.(hrc)

TERKAIT