Dishub Riau Mulai Inventarisir Angkutan Mudik 2019


PEKANBARU - Musim mudik 2019 sudah di depan mata. Untuk itu Pemerintah Provinsi Riau melalui Dinas Perhubungan bersama instansi terkait mulai mematangkan persiapan dan inventarisir angkutan mudik lebaran.

Hal itu dilakukan untuk memastikan kenyamanan pemudik menggunakan moda transportasi, baik darat, laut maupun udara. Kepala Dinas Perhubungan Riau, Taufiq OH menilai, hal tersebut memang menjadi perhatian ekstra dan dikoordinasikan dengan stakeholder terkait.

“Rapat persiapan angkutan lebaran sudah dilakukan. Beberapa poin telah dibahas, seperti persiapan mudik lebaran tahun 2019 dengan pihak-pihak terkait dan membahas angkutan lebaran tahun 2019 serta informasi penting lainnya,” paparnya, Jumat (10/5/2019).

Hanya saja, pihaknya belum dapat memastikan waktu arus mudik dan arus balik. Pasalnya, pihak Kementerian Perhubungan belum memberikan surat edaran ke daerah perihal mulainya pengamanan arus mudik sebelum hari raya Idul Fitri atau H- dan setelah hari raya Idul Fitri atau H+.

Sebagai langkah antisipasi, pihaknya juga melakukan persiapan lebih awal dengan berpatok pada persiapan tahun lalu sebagai acuan awal. Dikutip mediacenterriau​, selain itu pihaknya juga akan melakukan survei lapangan, seperti melihat titik rawan kecelakaan, macet, bencana longsor, dan titik-titik lainnya.

Begitu juga dari sisi pemeliharaan jalan dan jembatan, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Riau, juga menginventarisir akses jalan yang rawan longsor dan mengalami kerusakan cukup parah. Bahkan seperti tahun-tahun sebelumnya, akan disiapkan alat berat untuk titik-titik rawan tersebut.(hrc)
TERKAIT