Jum'at, 18 Oktober 2019
Follow:
 
Gaji Sipir Penjara / Polsuspas 2016 + Uang Sampingan dari Napi

- - , // - WIB
Ilustrasi
TERKAIT:
 
 

Daftar Gaji PNS Sipir Penjara / Polsuspas Terbaru 2016 + Fakta: Uang dari Napi
Lapas Indonesia kembali rusuh. Kali ini di Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA - Banceuy, Kota Bandung yang terjadi kerusuhan karena dipicu tewasnya napi. Lapas khusus narapidana narkoba itu dibakar. Admin yang sudah merasakan kerasnya hidup di penjara selama mendekam di Rutan Bandung tentu sangat paham bahaya nya bekerja menjadi seorang pegawai penjara.

Lalu berapa sih penghasilan pegawai Rutan dan Lapas perbulan? Tentu penghasilannya standar PNS Indonesia. PNS/ ASN di Indonesia selain menerima Gaji Pokok juga menerima tunjangan kinerja.

Baca Juga: Syarat Daftar CPNS Sipir Penjara/ Polsuspas 2016 -Lulusan SMA Sederajat

Namun sebenarnya tenaga pegawai di Kementerian Hukum dan HAM seperti sipir lebih besar daripada gaji pegawai di lembaga dan kementerian lainnya. Gaji pokok tenaga sipir berkisar Rp 5 juta sampai Rp 13 juta perbulannya. Itu lebih baik dibandingkan dengan gaji kementerian dan lembaga lainnya. Hal ini diungkapkan oleh Ansarudin selaku Kabiro Humas Kemenkum dan HAM RI.

Namun ada fakta menarik yang membuat banyak orang ingin jadi sipir yaitu besarnya pendapatan sampingan dari para napi. Sudah bukan rahasia lagi hal-hal semacam pungutan liar di penjara adalah hal yang wajar.

Besarnya gaji dan sripilan tersebut memang sebanding dengan tanggungjawab para sipir yang sangat besar karena harus menjaga para penjahat agar tidak kabur. Apalagi nyawa juga harus dipertaruhkan karena penjara serih rusuh karena terlalu padat dan penuh sesak.

Saat ini rasio sipir di Indonesia dengan napi dan tahanan sekali shift penjagaan adalah 1 banding 50. Artinya, dalam satu kali shift penjagaan, seorang sipir harus menjaga 50 orang. Untuk pekerjaan seberat itu, seorang sipir yang baru lulus dari Akademi Ilmu Pemasyarakatan mendapat status pegawai negeri sipil dengan Pangkat Pengatur, Golongan IIC dan penghasilan sekitar Rp 3,5 juta per bulan.

Pungli di Penjara
Selain dari gaji, pendapat sipir juga berasal dari napi. Dari pengalaman saya di Rutan Kebonwaru pos pemasukannya mulai dari uang kondisian kamar sel, menjual pasaran, bayaran gaulan agar sel di buka, membantu napi memasukan HP, dll.

Seperti diketahui bagi napi berkantong tebal seperti bandar besar narkoba dan napi kasus korupsi, kehidupannya tentu berbeda kendati berada di lembaga pemasyarakatan (LP) yang sama. Fasilitas kamar mandi, perlengkapan meja, lemari, dan kasur tebal tersedia meski ruangannya berukuran 1,5 meter x 3 meter. Kemewahan lain adalah colokan listrik. Menggunakan telepon genggam dan komputer jinjing tiada kendala. Timbal baliknya mereka membayar sejumlah uang kepada para petugas.

Napi dengan kemampuan uang terbatas pun tetap harus membayar ini itu. Ketika dibesuk, mereka harus membayar setidaknya puluhan ribu rupiah supaya dipanggilkan dan boleh bertemu dengan kerabatnya.
Biasanya, napi semacam ini mengumpulkan uang dari kerja sebagai warga binaan, misalnya bertukang. Uang yang diperoleh dari kerja di dalam penjara, selain digunakan memberi "salam tempel" saat dibesuk, juga untuk membeli makanan sehari-hari dari penjual keliling yang biasa masuk dari sel ke sel. Uniknya penjual keliling tersebut adalah petugas yang dibantu napi yang biasa disebut korve. Mereka menjual makanan dan memasukan ke tiap sel hunian.

Perbaikan kualitas kehidupan penjara harus menyentuh nasib sipir yang bergaji pas-pasan. Ketika semua hal di penjara "ada harganya", integritas sipir pun bisa terbeli. Napi yang masih memiliki jejaring kuat dengan kejahatan sebelumnya tak melepaskan kesempatan membeli segala fasilitas yang ada. Kalau tak punya uang, hidup di penjara memang berarti kehilangan kebebasan dan segalanya. (Sumber: http://nasional.kompas.com/read/2016/04/01/06350091/Antara.Uang.Napi.dan.Gaji.Sipir?page=1)
 
Tabel Daftar Lengkap Gaji PNS/ ASN Terbaru 2016
Pemerintah telah menerbitkan Peraturan Pemerintah (PP) nomor 30 tahun 2015 isinya tentang peraturan gaji Pegawai Negeri Sipil (PNS). Meskipun saat ini belum mulai dibayarkan, Pemerintah pada tahun ini memastikan akan menaikan gaji pokok PNS sebesar 6 persen.
Data Perubahan terakhir kenaikan gaji PNS terjadi tahun 2014 ( PP nomor 34 tahun 2014 ). Dan dalam tabel daftar gaji pokok PNS terbaru yaitu sesuai dengan PP nomor 30 tahun 2015, gaji pokok Pegawai Negeri Sipil dengan golongan paling bawah yaitu I/a menerima gaji pokok sebesar Rp 1.486.500.

Tahun 2015-2016 dan seterusnya ini untuk PNS dengan golongan II/a, memiliki gaji pokok minimal sebesar Rp 1.926.000. Dan PNS golongan III/a masa kerja terendah mendapatkan gaji pokok sebesar Rp 2.456.700 ( Dua Juta Empat Ratus Lima Puluh Enam Tujuh Ratus Rupiah ). Dan seperti yang terlihat pada Tabel Daftar, Gaji pokok PNS golongan IV/a untuk masa kerja terendah naik menjadi Rp 2.899.500.

Komentar Anda :
 
HOME | REGIONAL | POLITIK | EKONOMI | PERISTIWA | AGROBISNIS | BUDAYA | PENDIDIKAN | PARLEMEN | INDEKS
Redaksi | Info Iklan | Disclaimer
Copyright 2012-2019 PT. MIMBAR ANUGERAH NEGERI PERS, All Rights Reserved