Jum'at, 21 Juni 2019
Follow:
 
Rohil
4 Puskesmas di Rohil Raih Predikat Akreditasi Madya

Rohil - - Senin, 06/11/2017 - 07:08:13 WIB

BAGANSIAPIAPI - Dinas Kesehatan Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) beberapa bulan lalu telah mengajukan 4 Puskesmas untuk diakreditasikan pada Tahun 2017. Setelah melalui proses pendampingan dan penilaian oleh tim surveyor, akhirnya 4 Puskesmas di Rokan Hilir meraih predikat Akreditasi Madya.

"Alhamdulillah, 4 Puskesmas kita di Rokan Hilir memperoleh Akreditasi Madya yakni Puskesmas Bagansiapiapi, Puskesmas Bagan Punak, Puskesmas Sinaboi dan Puskesmas Sedinginan. Namun, Saat ini masih dalam bentuk pemberitahuan melalui email yang disampaikan oleh pihak Kementerian Kesehatan ke Dinas Kesehatan Rohil. Mungkin sertifikatnya akan diserahkan pada peringatan Hari Kesehatan Nasional Tahun 2017 nanti," kata Kepala Dinas Kesehatan Rohil, Hj Dahniar, MKes, akhir pekan kemarin, di Bagansiapiapi.



Dikatakan, tahun ini Dinas Kesehatan Rohil sebutnya juga akan mengajukan 2 Puskesmas lagi untuk diakreditasikan yakni Puskesmas Tanah Putih Tanjung Melawan dan Puskesmas Balai Jaya. 

Hal ini sesuai Permenkes Nomor 75 Tahun 2014 bahwa seluruh Puskesmas harus memberikan pelayanan yang komprehenshif, artinya seluruh Puskesmas itu harus bisa memberikan pelayanan standart yang ditentukan oleh akreditasi," jelas Dahniar.

Untuk proses akreditasi, menurut Dahniar, pihak Puskesmas harus menyiapkan berbagai elemen seperti persiapan administrasi. Administrasi upaya pelayanan kesehatan perorangan, ada kesehatan masyarakat. Penilaian akan dilakukan oleh tim penilai yang disebut tim surveyor. Untuk tingkatan akreditasi puskesmas ada 5 tingkatan, yang pertama tidak terakreditasi, yang kedua akreditasi dasar, yang ke tiga akreditasi madya , keempat utama dan kelima paripurna.

Untuk mendapatkan akreditasi Madya, mantan Asisten IV Sekdakab Rohil ini mengaku perlu kerja keras seluruh tim dengan kekompakan, disiplin serta managemen yang baik. Akhirnya menghasilkan akreditasi puskesmas tingkat Madya.

Untuk tahan awalnya, Bupati Rokan Hilir (Rohil), H Suyatno AMp sudah meresmikan pemakaian kantor camat Pasir Limau Kapas (Palika), Selasa (12/9/2017). Gedung megah tersebut dibangun di tengah-tengah kecamatan, tepatnya di pintu gerbang antara Kecamatan Palika dan Panai tengah, Propinsi Sumatra utara (Sumut).

"Alhamdulillah kantor Camat Palika yang baru sudah kita resmikan. Dimana gedung nan megah ini dibangun oleh Pemkab Rohil lebih kurang memakan waktu selama tiga bulan. Di samping letaknya strategis, di sekitaran gedung tersebut juga ada masjid," kata Suyatno di sela-sela menyampaikan kata sambutannya.
 
Ia juga memberikan pujian kepada rekanan yang membangun gedung tersebut karena bisa selesai dalam jangka waktu tiga bulan dengan hasil yang sangat memuaskan dan megah.

"Dalam waktu dekat di Palika ini juga akan dibangun Pusat kesehatan masyarakat (Puskesmas) Panipahan yang baru. Jika pengerjaannya bisa selesai dalam waktu 4 bulan, maka saya pribadi sangat salut kepada yang mengerjakannya," tantang Suyatno.

Di tempat yang sama Camat Palika, M Idris menyampaikan ucapan terima kasih kepada bupati dan sejumlah pihak yang telah hadir dalam acara peresmian ini.

 
PRD, Camat dan Upika, Lurah dan para Datuk Penghulu serta masyarakat. "Di sini semua suku hadir, maka dari itu kita mengharapkan kepada Pemkab Rohil bisa melengkapi fasilitas gedung tersebut," harapnya.

Acara peresmian itu turut dihadiri oleh Ketua DPRD Rohil H Nasruddin Hasan, para pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Kabag Humas Setdakab Rohil Susilo Widagdo, Tokoh Agama, Tokoh Pemuda, dan undangan lainnya.
Selain itu juga, Bupati juga sudah meresmian kantor Camat Bangko Ibu kota Bagansiapiapi, peresmian Kantor baru Kecamatan Bangko tersebut yang terletak di Jalan Pelabuhan Baru, Senin (06/03/2017) Bagansiapiapi.

Dalam Peresmian Kantor baru tersebut juga dihadiri Ketua DPRD Rohil Nasrudin Hasan, Sekretaris Daerah Rohil Surya Arfan, Dandim 0321 Bambang Soekisworo,Ketua MUI H.Wan Achmad Syaiful, Kepala Dinas, Badan, Camat,Datuk Penghulu,PLT Kelurahan Bagan Barat Asdes Qomar, Oraganisasi Pemuda, dan Tokoh Agama.

Camat Bangko Julianda SSos dalam sambutannya, mengucapkan terimakasih kepada Bupati Rohil H Suyatno yang mana telah memprioritaskan pembangunan Kantor baru Kecamatan Bangko hingga telah diresmikan pada hari ini, dengan kantor yang baru dan semangat yang baru, untuk itu saya tekankan kepada seluruh staf untuk ikhlas dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat Rohil Khususnya di Kecamatan Bangko ini.
 
"Dengan kantor yang baru dan semangat baru,untuk itu saya tekankan kepada seluruh staf untuk ikhlas dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat Kecamatan Bangko ini," ucapnya Julianda.

Julianda Menambahkan,kalau pembangunan gedung baru kantor Camat Bangko tersebut menggunakan uang Masyarakat,dengan demikian ia meminta kepada seluruh jajaran di lingkungannya agar memberikan pelayanan prima terhadap masyarakat yang melakukan kepengurusan.
 


Sementara itu Bupati Suyatno dalam sambutannya juga menyebutkan, pembangunan Kantor baru Camat Bangko dengan menggunakan APBD tersebut menghabiskan dana sebesar Rp2,8 miliar. Dengan demikian Suyatno berpesan Kepada Camat serta seluruh jajaran agar memberikan layanan terbaik terhadap Masyarakat.

"Tahniah dan Selamat atas diresmikannya kantor camat yang baru, dengan kantor baru dan semangat yang baru pula,mudah-mudahan pelayanan kepada masyarakat semakin bagus,berikan lah pelayanan yang terbaik serta prima terhadap Masyarakat," kata Bupati. (adv/hms/di)

Komentar Anda :
 
HOME | REGIONAL | POLITIK | EKONOMI | PERISTIWA | AGROBISNIS | BUDAYA | PENDIDIKAN | PARLEMEN | BIOGRAFI | CATATAN | FOTO | INDEKS
Redaksi | Info Iklan | Disclaimer
Copyright 2012-2017 PT. MIMBAR ANUGERAH NEGERI PERS, All Rights Reserved